16 Hal Gokil yang Cuma Ada di Australia

by

Dream – Australia menyimpan banyak sekali hal-hal unik. Saat berkunjung ke sana, kita tidak akan dibuat bosan.

Hampir setiap hari kita akan menemukan peristiwa menarik. Sebagian contohnya, populasi domba di Australia dua kali lebih besar dibandingkan manusia dan jumlah kanguru satu setengah kali lebih banyak dari domba.

Selain itu, kamu bakal menemukan banyak sekali pantai baru. Bahkan dalam waktu 15 tahun, mungkin kamu hanya bisa mengunjungi setengah dari total pantai.

Australia memang negara yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Banyak hal-hal tak terduga ada di Australia.

Dikutip dari BrightSide.me, berikut adalah 16 hal gokil yang hanya ada di negara berjuluk Benua Kanguru itu.

Hampir Semua Hewan Mematikan ada di Australia

Foto di atas berisi berbagai hewan liar. Ular berbisa, hiu, dan anjing liar adalah ancaman serius jika kamu berpetualang di alam liar Australia. Tidak itu saja, sinar matahari juga jadi musuh bagi manusia.

Orang Australia paling takut dengan sinar matahari. Sebab, UV-index di sini adalah 10 kali lebih tinggi daripada di Eropa. Artinya, setelah 30 menit berjalan di bawah matahari, kamu bisa mengalami sunburn (terbakar matahari) bahkan lebih buruk lagi, kanker kulit.

Salju lebih banyak turun di Pegunungan Australia Daripada di Swiss

Di Sidney, salju terakhir terlihat pada tahun 1836. Tetapi, salju masih bisa ditemukan di beberapa tempat. Salah satunya di Pegunungan Alpen yang membentang melewati New South Wales dan Victoria. Musim ski di sini berlangsung dari bulan Juni hingga Oktober.

Tempat Lahirnya Sepatu Boots UGG

Amerika adalah negara pertama mematenkan merek sepatu boots UGG. Tetapi, sepatu itu sebenarnya dibuat pertama kali di Australia. Petani dan peternak telah memakainya sejak awal abad ke-20.

Sekarang sepatu seperti itu dipakai baik di luar maupun di dalam rumah. Kenapa di dalam rumah? Karena rumah di sini sangat dingin. Sepatu boots dapat membantu mereka tetap hangat.

Jalan Raya yang Panjang dan Membosankan

Beberapa jalan di Australia begitu panjang dan membosankan. Sampai-sampai, otoritas setempat memasang tanda lalu lintas berisi tebakan untuk menghibur mereka yang berkendara.

Seperempat populasi penduduk adalah Imigran

Menurut statistik, 28,5 persen warga Australia berasal dari luar negeri. Sebagian besar dari imigran ini berasal dari Inggris, Selandia Baru, China dan India.

Tingkat Tunjangan Sosial Sangat Tinggi

Jika memiliki keluarga besar dengan empat atau lima anak, kamu berhak dapat uang tunjangan yang jumlahnya bisa membuatmu tidak perlu bekerja. Pemerintah membayar tunjangan itu untuk anak-anak di bawah usia 16 tahun. Kadang-kadang sampai usia 19 tahun.

Ada Tempat Barbekyu di Setiap Taman

Di hampir setiap taman, ada kompor listrik atau kompor gas gratis untuk memasak steak, sosis, dan makanan lezat lainnya. Orang Australia suka piknik dan mereka lebih menyukai makanan laut. Mereka suka memasak udang, tiram, dan lobster.

Negeri Patung Raksasa

Ada 150 patung raksasa di seluruh Australia. Patung-patung itu disebut perangkap turis. Bentuknya macam-macam mulai hewan, makanan, dan benda-benda lain ditempatkan di sepanjang jalan untuk menarik perhatian wisatawan.

Uang Plastik

Sejak 1988, uang kertas Australia dibuat dari plastik polimer khusus. Meskipun lebih sulit diproduksi, uang plastik lebih tahan lama.

Fakta menarik lainnya, jika kamu menyobek lembaran 10 dolar menjadi dua bagian, masing-masing lembar dinilai 5 dolar. Masih bisa untuk jajan.

Tidak Mencoblos Saat Pemilu Kena Denda

Jika kamu sudah berusia 18 tahun dan melewatkan pemilihan umum tanpa alasan yang jelas, kamu harus membayar denda 20-50 dolar Australia, setara Rp210 ribu-Rp523 ribu.

Warga Lokal Tidak Kasih Tip

Saat makan di restoran atau kafe di kota-kota besar, turis asing biasanya memberi tip kepada pelayan sebesar 5 persen sampai 15 persen. Tapi jika kamu ingin seperti warga lokal yang tidak memberikan tip, tidak apa-apa.

Hampir Tidak Ada yang Makan Daging Kanguru

Mudah sekali menemukan daging kanguru di supermarket dan restoran. Tetapi orang Australia sendiri hampir tidak pernah membelinya. Lebih dari 70 persen daging kanguru diekspor ke 55 negara di seluruh dunia.

Enam Dari Sepuluh Ular Paling Beracun di Dunia Hidup di Australia

Coastal Taipan dianggap sebagai salah satu ular paling beracun di dunia. Di dalam taring Taipan sepanjang 13 milimeter terdapat 120 miligram racun yang dapat membunuh korban dalam waktu 4-12 jam. Manusia hanya bertahan hidup sekitar satu hari setelah digigit.

Kawanan Unta Liar

Unta liar di Mesir atau di Arab Saudi tidak sebanyak seperti di Australia. Menurut perkiraan, di bagian tengah dan utara negara itu ada sekitar 1 juta unta liar.

Punya Pagar Terpanjang di Dunia

Bukan Tembok China, tapi Pagar Dingo adalah yang terpanjang di dunia. Pagar Dingo memiliki panjang 3.488 mil dan membagi benua Australia menjadi dua bagian untuk melindungi domba dari anjing liar.

Hobi Menyingkat Kata

Karena malas mengucapkan kata seluruhnya, kata Barbie yang seharusnya boneka, bagi orang Australia memiliki arti Barbekyu. Bahkan menyebut diri mereka sendiri, orang Australia akan mengatakan Aussie.

Beberapa kata yang suka disingkat oleh orang Australia di antaranya adalah Good Day jadi G’Day, Brisbane jadi Brissie, Barbekyu jadi Barbie, dan Football jadi Footie.

(Beq)

Sumber: Dream.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *